A.
Latar Belakang
SMKS-2 Muhammadiyah Curup, merupakan
Sekolah Menengah Kejuruan Swasta yang didirikan pada tanggal 1 Januari 1978.
Penyelenggaraan sekolah mengutamakan penguasaan iptek, imtaq, dan peningkatan
mutu siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sebagai
bagian dari Departemen Pendidikan Nasional, SMKS-2 Muhammadiyah Curup menyelenggarakan
kegiatan intrakurikuler pengajaran berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP), serta mengembangkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler untuk
memberikan wadah bagi pengembangan minat dan bakat.
Salah satu tahapan yang terus didorong dalam rangka merealisasikan
program perkembangan SMK adalah sebagaimana yang dituangkan dalam kebijakan
Direktorat Dikmenjur Departemen Pendidikan Nasional tentang Reposisi Pendidikan
Menengah Kejuruan menjelang tahun 2020. Tahapan pengembangan tersebut dalam
bentuk reengineering SMK berupa
penambahan/pembukaan Bidang/Program/Kompetensi Keahlian Baru yang memiliki
prospek penyerapan tenaga kerja/lapangan usaha.
Disamping itu dengan memperhatikan hasil observasi empiric
dilapangan mengindikasikan, bahwa sebagian besar lulusan Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) pengetahuan dan teknologi, sulit untuk bisa dilatih kembali, dan
kurang bisa mengembangkan diri. Temuan tersebut mengindikasikan bahwa
pembelajaran di SMK belum banyak menyentuh atau mengembangkan adaptasi peserta
didik. Studi itu juga memperoleh gambaran bahwa sebagian lulusan SMK tidak bisa
diserap dilapangan kerja, karena kompetensi yang mereka miliki belum sesuai
dengan tuntunan dunia kerja.
Kondisi itulah antara lain yang menjadikan
pertimbangan bahwa Kurikulum perlu disusun sesuai dengan Kompetensi yang
dituntut oleh pasar kerja. Setandar Kompetensi Nasional (SKN), serta kebutuhan
pembekalan kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan dan ilmu pengetahuan
dan teknologi. Selain itu, Kegiatan belajar SMK-S 2
Muhammadiyah Curup akan berkembang dengan baik sesuai dengan pedoman, apabila
mampu membentuk pola tingkah laku peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan
serta dapat dilakukan evaluasi berdasarkan tes dan non tes sebagai alat
pengukuran keberhasilan peserta didik di SMK-S 2 Muhammadiyah Curup.
Proses pembelajaran yang efektif,
efisien dan inovatif apabila dilakukan persiapan yang cukup dengan perencanaan
dan pelaksanaan yang baik sehingga dapat memenuhi kriteria yang ada :
1. Kebutuhan
masyarakat khususnya Persyarikatan Muhammadiyah dan pada umumnya masyarakat
lingkungan setempat dan global;
2. Mempersiapkan
peserta didik dalam menghadapi Era kompetisi yang bersifat global dengan dasar
teknologi dan informasi;
3. Sebagai
bekal untuk melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi atau bekerja.
.
B.
Tujuan Pengembangan/Penyusunan
Kurikulum
1. Untuk
memenuhi amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19
Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan untuk tujuan pendidikan
nasional.
2. Untuk
penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.
Analisis terhadap kekuatan dan kelemahan program-program meliputi: program
pendidikan (antara lain: pemilihan mata pelajaran muatan nasional dan muatan
lokal, pemilihan kegiatan pengembangan diri, penentuan pendidikan kecakapan
hidup, penentuan pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global), program
pembelajaran, program remedial, dan program pengayaan.
3. Untuk
mencapai tujuan pendidikan SMK-S 2 Muhammadiyah Curup, sebagai lembaga
pendidikan tingkat menengah yang bercirikan Islam
4. Memandang
perlu untuk mengembangkan Kurikulum SMK-S 2 Muhammadiyah Curup untuk memudahkan
proses pelaksanaan pembelajaran di sekolah dan sebagai pedoman guru dalam
melaksanakan pembelajaran.
5. Melalui
kurikulum ini, sekolah dapat melaksanakan program pendidikannya sesuai dengan
karakteristik, potensi, dan kebutuhan peserta didik.
C.
Landasan
a. Undang-Undang
Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tanggal 18 Juli 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional. Pasal 1 ayat (19), Pasal 18 ayat (1), (2), (3), (4), Pasal
32 ayat (1), (2), (3), Pasal 35 ayat (2), Pasal 36 (1), (2), (3), (4), Pasal 37
ayat (1), (2), (3), dan Pasal 38 ayat (1) dan (2);
b. Instruksi
Presiden Republik Indonesia No. 1 Tahun 2010 Tentang Percepatan Pelaksanaan
Prioritas Pembangunan Nasional Tahun 2010 Tanggal 19 Februari 2010
c. Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tanggal 16 Mei 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan. Bab I Pasal 1, Bab III Pasal 5, 6, 7, 8, 10, 13,
14, 16, 17, 18, Bab IV, Bab V Pasal 25, Pasal 26, Bab VIII Pasal 49, Pasal 52,
Bab X Pasal 63, Pasal 64, 65, 66, dan 72;
d. Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 tanggal 5 Oktober 2007
tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan.
e. Peraturan
Pemerintah Republik Jndanesia Nomor 48 Tahun 2008 tanggal 14 Juli 2008 tentang
Pendanaan.
f. Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006 tanggal 23
Mei 2006 tentang Standar Isi untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah
g. Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tanggal 23
Mei 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
h. Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 06 tahun 2007 tanggal 23
Februari 2007 tentang Perubahan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik
Indonesia Nomor 24 tahun 2006 tentang Pelaksanaan Permendiknas RI Nomor 22 dan
23 Tahun 2006.
i.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2007 tanggal 23 Mei 2007 tentang Standar
Pengelolaan Pendidikan;
j.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007 tanggal 11 Juni 2007 tentang Standar
Penilaian Pendidikan;
k. Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tanggal 28
Juni 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana;
l.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tanggal 23 November 2007 tentang Standar
Proses
m. Surat
Keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor :65/SK-PP/A/I.b/1977 tentang Qaidah
Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah.
BAB II
VISI dan MISI SMK-S 2 MUHAMMADIYAH CURUP
A.
Tujuan
Sekolah Menengah Kejuruan
Tujaun Pendidikan Menengah Kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan
pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk mandiri dan
mengetahui pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.
B.
Visi
1.
Mengembangkan kreativitas dalam kegiatan belajar
2.
Mengembangkan
rasa solidaritas dan kepedulian sosial, peran serta masyarakat sekitar Sekolah.
3.
Meningkatkan keterampilan dan kemandirian siswa dalam lingkungan kerja yang
menyenangkan.
4.
Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepadatuhan Yang Maha Esa.
5.
Bekerjasama dengan Dunia usaha dan Dunia industry untuk mencetak tamatan yang memiliki kompetensi berstandar local dan Nasional sesuai dengan bidang keahliannya dengan pendidikan cara Brisker rasional hingga mempunyai keterampilan hidup( life Skill ).
C.
Misi
Menjadi lembaga pendidikan dan pelatihan yang dapat menghasilkan
tamatan
yang beriman dan bertaqwa, berbudi,
berwawasan pancasila dan UUD 1945, terampil percaya diri, mandiriserta mampu bersaing di era globalisasi.
BAB III
MUATAN DAN STRUKTUR KURIKULUM
A.
Standar Kompetensi
1.
Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
SMK
a.
Berperilaku sesuai dengan ajaran
agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja.
b.
Mengembangkan diri secara optimal
dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaikai kekurangannya.
c.
Menunjukkan sikap perecaya diri dan
bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan dan pekerjaannya.
d.
Berpartisipasi dalam menegakkan
aturan-atauraan social.
e.
Menghargai keberagaman agama,
bangsa, suku, ras dan golongan social ekonomi dalam lingkungan global.
f.
Membangun dan menerapkan informasi
dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif dan inovatif.
g.
menunjukkan kemampuan berpikir
logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam mengambil keputusan.
h.
Menunjukkan kemampuan budaya
belajar untuk pemberdayaan diri.
i.
Menunjukkan sikap kompetitif dan
sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
j.
Menunjujukkan kemampuan
menganalisis dan memecahkan masalah kelompok.
k.
Menunjujukkan kemampuan
menganalisis gejala alam dan social.
l.
Memanfaatkan lingkungan secara
produktif dan bertanggung jawab.
m.
Berpartisipasi dalam kehidupan
bermasyarakat, bangsa, bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan
Republik Indonesia.
n.
Mengepresikan diri melalui kegiatan
seni dan budaya.
o.
megapresiasikan karya seni dan
budaya.
p.
menghasilkan karya kreatif baik
individual maupun kelompok.
q.
menjaga keamanan dan kesehatan
diri, kebugaran jasmani serta kebersihan lingkungan.
r.
Berkomunikasi lisan dan tulisan
secara efektif dan santun.
s.
Memahami hak dan kewajiban diri dan
orang lain dalam pergaulan di masyarakat.
t.
Menghargai adanya perbedaan
pendapat dan berempati terhadap orang lain.
u.
menunjukkan keterampilan membaca
dan menulis naskah secara sistimatis dan estesis.
v.
Menunjukkan keterampilan menyimak,
membaca, menulis, dan berbicara dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
w.
Menguasai kompetensi program
keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kera maupun untuk
mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya.
2.
Standar Kompetensi Lulusan Mata
Pelajaran
a.
Pendidikan Agama Islam
1)
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang
berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah, demokrasi serta pengembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi.
2)
Meningkatkan keimanan kepada Allah
sampai Qadha dan Qadar melalui pemahaman terhadap sifat dan Asmaul Husna.
3)
Berperilaku terpuji seperti
husnuzzhan, taubat dan raza dan meninggalkan perilaku tercelah seperti isyrof,
tabdzir dan fitnah.
4)
Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi
serta menjelaskan hokum muamalah dan hukum keluarga
dalam Islam.
5)
Memahami sejarah Nabi Muhammad pada
periode Mekkah dan periode Madinah serta perkembangan Islam di Indonesia dan di
dunia.
b.
Muatan Lokal
Bahasa Arab
Tingkat I (Kelas X)
Mendengarkan
Memahami
wacana lisan dalam penyampaiaan tentang mufradat (koa kata), penyampaian ismi
isyarat dan stuktur kalimat.
Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk menungkapkan pikiran dan perasaan
mengenai hiwar dan phamir mun fashil (struktur kalimat).
Membaca
Menggunakan berbagai jenis teks untuk memahami wacana tulis tentang
kosa kasa kata baru memahami makna dalam wacana tulis interpersional dan
transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyimak permintaan
dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan
transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan secara
tertulis permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
c.
Muatan Khusus
Kemuhammadiyahan
1)
Al-Qur’an
Memahami ayat-ayat yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai
khalifah, demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan hafal
beberapa ayat dan hadist pilihan.
2)
Keimanan/Qaidah
Meningkatkan keimanan kepada Allah, Malaikat, Rasul,
Kitab-kitabNya, Hari Akhir serta Qadha dan Qadar melalui pemahaman sifat dan
Asmahul Usnah.
3)
Akhlak
Berprilaku terpuji seperti husnudzn, taubat, raja, adil dan
menghargai karya orang lain dan meninggalkan perilaku tercela seperti isrof,
tabzir, ghibah dan fitnah.
4)
Fiqih (Ibadah
dan Mu’amalah)
a)
Memahami sumber hokum Islam dan
hokum taklif serta menjelaskan hokum mu’amalah dan hokum keluarga dalam Islam.
b)
Memahami pelaksanakan ibadah,
shalat berjama’ah, shalat jum’at, shaum, zakat dan haji.
B.
Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar Program Normatif Adatif
1.
Pendidikan
Agama Islam
Tingkat I / Kelas X
Standar Kompetensi
|
Kempetensi
|
Al’Qur’an
1.
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an
tentang manusia dan tugasnya sebagai Khalifah dibumi.
|
1.1
Membaca QS Al-Baqarah: 30,
Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan Al-Hajj: 5
1.2
Menyebutkan arti QS Al-Baqarah:
30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan Al-Hajj: 5
1.3
Menampilkan perilaku sebagai
khalifah dibumi seperti terkandung dalam QS Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun:
12-14, Az-Zariyat: 56 dan Al-Hajj: 5
|
2.
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an
tentang keikhlasan dalam beribadah.
|
2.1
Membaca QS Al-An’am: 162-163 dan
Al-Bayyinah: 5
2.2
Menyebutkan arti QS Al-An’am:
162-163 dan Al-Bayyinah: 5
2.3
Melakukan perilaku ikhlas dalam
beribadah seperti terkandung dalam QS Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
|
Aqidah
|
|
3.
Meningkatkan keimanan kepada
Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam Al-Asma
|
3.1
Meyebutkan 10 sifat Allah dalam
Asmaul Husna
3.2
Menjelaskan arti10 sifat Allah
dalam Asmaul Husna
3.3
Menampilkan perilaku yang
mencerminkan keimanan terhadap10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
Akhlak
|
|
4.
Membiasakan perilaku terpuji
|
4.1
Menyebutkan pengertian perilaku
husnudhan
4.2
Menyebutkan contoh-contoh
perilaku husnudhan terhadap Allah,diri sendiri dan sesama manusia
4.3
Membiasakan perilaku husnudhan
dalam kehidupan sehari-hari
|
Fiqih
|
|
5.
Memahami sumber hokum Islam,
hokum taklifi, dan hikmah ibadah
|
5.1
Menyebut pengertian, kedudukan
dan fungsi Al-Qur’an. Al-Hadist, dan Ijtihad sebagai sumber hokum Islam
5.2
Menelaskan pengertian, kedudukan
dan fungsi Al-Qur’an. Al-Hadist, dan Ijtihad sebagai sumber hokum Islam
5.3
Menjelaskan pengertian dan hikmah
ibadah
5.4
Menerapkan hokum taklifi dalam
kehidupan sehari-hari
|
Tarikh dan Peradaban Islam
|
|
6.
Memahami keteladanan Rasulullah
dalam membina umat
|
6.1
Mencerikan sejarah dakwah
Rasulullah SAW periode Mekkah
6.2
Mendeskripsikan substansi dan
strategi dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah
|
C.
Standar Kompetensi Dan Kompetensi
Dasar
Muatan Lokal Bahasa Arab
Tingkat I / Kelas X
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Memahami bunyi huruf hijiyah, wacana iksian
berbentuk paparan / dialog sederhana
|
1.1.Engidentifikasi
bunyi ujaran,(kata, frasa atau kaliamat)dalam suatu teks dengan mencocokan
dan membedakan secara tepat.
1.2.Memperoleh
informasi umum dan rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara
tepat
|
2.
Mengungkapkan informasi sederhana secara
lisandan bntuk paparan atau dialog.
|
2.1.Menyampaikan informasi
secara lisan dengan lafal yang teapat dalam kalimat
sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan brbahasa
2.2.Melakukan dialog sdrhana dengan lacar mencerminkan kecakaan berkomunikasih
dengan antun dan tepat.
|
3.
Melafalkan huruf hijayyah dan memahami
wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sedrhana tentang identitas diri.
|
3.1.Melafalkan Dan membaca nyaring huruf hijayyah, kata, kalimat dan
wacana tulis sederhana dan tepat
3.2.Mengindentifikasih bentuk dan tema wacana sederhana dengan tepat
3.3.Memperoleh informasih umum dan atau rinci dari wacana sederhana
dengan mencari kata kunci secara tepat
|
4.
Menulis huruf hijayyah dan mengungkapkan
informasi sederhana secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang
identitas diri.
|
4.1.Menulis dan mlengkapi huruf hijayyah, kata, fraa dan kalimat
dengan tanda baca yang tepat
4.2.Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana
sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata dan rasa dengan
huruf, ejaan, tanda baca dan struktur yang tepat
|
5.
Memahami wacana lisan berbentuk paparan /
dialog sederhana tentang kehidupan sekolah.
|
5.1.Mengindetifikasi bunyi dan unjaran (kata.frasa atau kalimat)
dengan mencocokan dan membedakan secara tepat.
5.2.Memperoleh informaih umum
dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sedrhana secara tepat.
|
6.
Mengungkapkan informai sederhana secara
tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang kehidupan sekolah
|
6.1.Menyampaikan berbagai informasi lisan sedrhana sesuai
konteks yang mencerminkan berbahsa
santun dantepat
6.2.melakukan dialog sederhana dengan lancar untuk mencerminkan
kecakapan berkomunikasi yang santun dan tepat
|
7.
memahami wacana tulisan baerbentuk apaparan
atau dialog sederhana tentang kehidupan skolah
|
7.1.membaca nyaring kata, frasa, kalimat dalam wacana tulisan sederhana dengan tepat
7.2.mengindetifikasi bentuk tema wacana sederhana secara tepat
7.3.memperoleh berbagai informasi dan wacana tulisan sederhana secara
tepat
|
8.
mengungkapkan informasi sederhana secara
trtulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang kehidupan sekolah.
|
8.1.Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana
sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan
8.2.Menggunakan kata dan frasa,dengan huruf, ejaan, tanda aca dan
struktur.
|
D. Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar
Muatan Khusus Kemuhammadiyahan
Tingkat I/Kelasan X
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Memahami ciri gerakan Muhammadiyah
|
1.1.Menjelskan Muhammadiyah sebagai :Gerakan Islam, dakwah amar
ma’ruf nahi munkar, tajidid, dan gerakan Nasional.
1.2.Membiasakan berprilaku ma’ruf nahi munkar sesuai prisipdasar
ajaran Muhammadiyah.
|
2. Memahami organisai Muhammadiyah
|
2.1.Menjelaskan pengertian dan tujuan organisai dan Muhammadiyah
sebagi persyarikatan.
2.2.Menjelaskan perinta brorganisai dalam Islam.
2.3.Menjelaskan AD/ART persyarikatan Muhammadiyah.
2.4.Menjelaskan struktur persyarikatan Muhammadiyah.
2.5.Menjelaskan sistem permusyawaratan dalam persyarikatan
Muhammadiyah.
2.6.Membiasakan perilaku berorganisai dalam kehidupan sehari-hari
sesuai dengan prinsip persyerikatan Muhammadiyah.
|
3. Memahami Majelis dan lembaga persyarikatan Muhammadiyah.
|
3.1.Menjelasakan pngertian majelis dan lembaga persyarikatan Muhammadiyah
3.2.Menyebutkan macam-macam majelis dan lembaga persyarikatan Muhammadiyah.
3.3.Menjelaskan fungsi majelis dan lembaga persyarikatan Muhammadiyah.
3.4.Menampilkan perilaku memenuhi tugas dan fungsi seperti yang
tercermin dalam majleis dan lemabga persyarikatan Muhammadiyah dalam
kehidupan shari-hari.
|
E.
Kegiatan
Pengembangan Diri
Pengembangan diri adalah kegiatan yang
bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan
mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat peserta didik
sesuai dengan kondisi SMK-S 2 Muhammadiyah Curup.
Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui:
Kegiatan
Pengembangan Pribadi dan Kreativitas siswa dilaksanakan melalui
kegiatan ekstrakurikuler, salah satunya yang mencakup kegiatan:
Keagamaan : BTA
(Baca Tulis Al-Qur’an), Qiroah, Mubalig Hijrah, Praktek
Ibadah.
F.
Pedidikan
Berbasis Keunggulan Lokal dan Global
Kemajuan Ilmu pengetahuan dan Teknologi
(IPTEK) saat ini menuntut lembaga pendidikan untuk berbenah diri guna
menyiapkan peserta didiknya menghadapi tantangan global. SMKS-2
Muhammadiyah Curup menyadari bahwa tantangan dunia global
tidaklah sederhana, oleh karenanya SMKS-2 Muhammadiyah
Curup
mengembangkan kurikulumnya untuk dapat menyiapkan siswa-siswi
SMKS-2 Muhammadiyah Curup
menghadapi tantangan global, dengan menempatkan keunggulan lokal dan global.
a. Keunggulan
Lokal
SMKS-2
Muhammadiyah Curup adalah sekolah yang berada di bawah
naungan Organisasi Muhammadiyah sebagai gerakan Islam Dakwah amar ma’ruf nahi
mungkar, oleh karena SMA Muhammadiyah mengembangkan
nilai-nilai
kemuhammadiyahan dan keislaman dalam setiap mata pelajaran yang diberikan
kepada siswa, dengan harapan siswa dapat memaknai nilai-nilai
tersebut dalam kehidupan kesehariannya. Dengan keunggulan dalam bidang
keagamaan inilah diharapkan lulusan SMKS-2
Muhammadiyah Curup dapat menjadi orang yang beriman dan
bertakwa (IMTAQ) dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).
Keunggulan dalam bidang keagamaan yang merupakan ciri khas sekolah Muhammadiyah
diimplementasikan dalam program baca tulis Al – Qur’an untuk peserta didik
kelas X dan praktikum Ibadah untuk peserta didik kelas XI. Diharapkan lulusan SMKS-2
Muhammadiyah Curup dapat membaca Al – Qur’an dan
melaksanakan Ibadah sesuai dengan tuntunan.
Dalam rangka menghadapi tantangan global maka SMKS-2
Muhammadiyah Curup mengembangkan beberapa program antara
lain ;
1)
Pengembangan
Laboratorium Komputer yang berbasis jaringan Internet sehingga seluruh Civitas
Akademika SMKS-2
Muhammadiyah Curup
dapat mengakses internet untuk kepentingan pembelajaran.
2)
Mengembangkan
program E-Learning untuk pengembangan program – program sekolah agar
dapat mengikuti perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan.
3)
Mengembangkan
English Day untuk menyiapkan Civitas Akademika SMKS-2
Muhammadiyah Curup
agar siap dalam pergaulan internasional.
4)
Mengembangkan
percakapan menggunakan Bahasa Arab agar dapat memasuki pergaulan internasional.
5)
Mengembangkan media-media
pembelajaran yang berbasis komputer dan multi media.
***SUMBER: WAKA BID. KURIKULUM***
Tidak ada komentar:
Posting Komentar