Minggu, 19 April 2015

MAKALAH PASCA PENGEMBANGAN KURIKULUM ISMUBA DI SMKS MUHAMMADIYAH 02 CURUPMAKALAH PASCA PENGEMBANGAN KURIKULUM ISMUBA DI SMKS MUHAMMADIYAH 02 CURUPMAKALAH PENGEMBANGAN KURIKULUM ISMUBA DI SMKS MUHAMMADIYAH 02 CURUP

MAKALAH PENGEMBANGAN KURIKULUM ISMUBA DI SMKS MUHAMMADIYAH 02 CURUP


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
SMKS-2 Muhammadiyah Curup, merupakan Sekolah Menengah Kejuruan Swasta yang didirikan pada tanggal 1 Januari 1978. Penyelenggaraan sekolah mengutamakan penguasaan iptek, imtaq, dan peningkatan mutu siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sebagai bagian dari Departemen Pendidikan Nasional, SMKS-2 Muhammadiyah Curup menyelenggarakan kegiatan intrakurikuler pengajaran berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), serta mengembangkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler untuk memberikan wadah bagi pengembangan minat dan bakat.
Salah satu tahapan yang terus didorong dalam rangka merealisasikan program perkembangan SMK adalah sebagaimana yang dituangkan dalam kebijakan Direktorat Dikmenjur Departemen Pendidikan Nasional tentang Reposisi Pendidikan Menengah Kejuruan menjelang tahun 2020. Tahapan pengembangan tersebut dalam bentuk reengineering SMK berupa penambahan/pembukaan Bidang/Program/Kompetensi Keahlian Baru yang memiliki prospek penyerapan tenaga kerja/lapangan usaha.
Disamping itu dengan memperhatikan hasil observasi empiric dilapangan mengindikasikan, bahwa sebagian besar lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pengetahuan dan teknologi, sulit untuk bisa dilatih kembali, dan kurang bisa mengembangkan diri. Temuan tersebut mengindikasikan bahwa pembelajaran di SMK belum banyak menyentuh atau mengembangkan adaptasi peserta didik. Studi itu juga memperoleh gambaran bahwa sebagian lulusan SMK tidak bisa diserap dilapangan kerja, karena kompetensi yang mereka miliki belum sesuai dengan tuntunan dunia kerja.
Kondisi itulah antara lain yang menjadikan pertimbangan bahwa Kurikulum perlu disusun sesuai dengan Kompetensi yang dituntut oleh pasar kerja. Setandar Kompetensi Nasional (SKN), serta kebutuhan pembekalan kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan dan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, Kegiatan belajar SMK-S 2 Muhammadiyah Curup akan berkembang dengan baik sesuai dengan pedoman, apabila mampu membentuk pola tingkah laku peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan serta dapat dilakukan evaluasi berdasarkan tes dan non tes sebagai alat pengukuran keberhasilan peserta didik di SMK-S 2 Muhammadiyah Curup.
Proses pembelajaran yang efektif, efisien dan inovatif apabila dilakukan persiapan yang cukup dengan perencanaan dan pelaksanaan yang baik sehingga dapat memenuhi kriteria yang ada :
1.      Kebutuhan masyarakat khususnya Persyarikatan Muhammadiyah dan pada umumnya masyarakat lingkungan setempat dan global;
2.      Mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi Era kompetisi yang bersifat global dengan dasar teknologi dan informasi;
3.      Sebagai bekal untuk melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi atau bekerja.
.
B.     Tujuan Pengembangan/Penyusunan Kurikulum
1.      Untuk memenuhi amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan untuk tujuan pendidikan nasional.
2.      Untuk penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah. Analisis terhadap kekuatan dan kelemahan program-program meliputi: program pendidikan (antara lain: pemilihan mata pelajaran muatan nasional dan muatan lokal, pemilihan kegiatan pengembangan diri, penentuan pendidikan kecakapan hidup, penentuan pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global), program pembelajaran, program remedial, dan program pengayaan.
3.      Untuk mencapai tujuan pendidikan SMK-S 2 Muhammadiyah Curup, sebagai lembaga pendidikan tingkat menengah yang bercirikan Islam
4.      Memandang perlu untuk mengembangkan Kurikulum SMK-S 2 Muhammadiyah Curup untuk memudahkan proses pelaksanaan pembelajaran di sekolah dan sebagai pedoman guru dalam melaksanakan pembelajaran.
5.      Melalui kurikulum ini, sekolah dapat melaksanakan program pendidikannya sesuai dengan karakteristik, potensi, dan kebutuhan peserta didik.

C.    Landasan
a.       Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tanggal 18 Juli 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal 1 ayat (19), Pasal 18 ayat (1), (2), (3), (4), Pasal 32 ayat (1), (2), (3), Pasal 35 ayat (2), Pasal 36 (1), (2), (3), (4), Pasal 37 ayat (1), (2), (3), dan Pasal 38 ayat (1) dan (2);
b.      Instruksi Presiden Republik Indonesia No. 1 Tahun 2010 Tentang Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan Nasional Tahun 2010 Tanggal 19 Februari 2010
c.       Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tanggal 16 Mei 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Bab I Pasal 1, Bab III Pasal 5, 6, 7, 8, 10, 13, 14, 16, 17, 18, Bab IV, Bab V Pasal 25, Pasal 26, Bab VIII Pasal 49, Pasal 52, Bab X Pasal 63, Pasal 64, 65, 66, dan 72;
d.      Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 tanggal 5 Oktober 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan.
e.       Peraturan Pemerintah Republik Jndanesia Nomor 48 Tahun 2008 tanggal 14 Juli 2008 tentang Pendanaan.
f.       Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006 tanggal 23 Mei 2006 tentang Standar Isi untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah
g.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tanggal 23 Mei 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
h.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 06 tahun 2007 tanggal 23 Februari 2007 tentang Perubahan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2006 tentang Pelaksanaan Permendiknas RI Nomor 22 dan 23 Tahun 2006.
i.        Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2007 tanggal 23 Mei 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan;
j.        Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007 tanggal 11 Juni 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan;
k.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tanggal 28 Juni 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana;
l.        Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tanggal 23 November 2007 tentang Standar Proses
m.    Surat Keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor :65/SK-PP/A/I.b/1977 tentang Qaidah Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah.


BAB II
VISI dan MISI SMK-S 2 MUHAMMADIYAH CURUP

A.    Tujuan Sekolah Menengah Kejuruan
Tujaun Pendidikan Menengah Kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk mandiri dan mengetahui pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.

B.     Visi
1.      Mengembangkan kreativitas dalam kegiatan belajar
2.      Mengembangkan rasa solidaritas dan kepedulian sosial, peran serta masyarakat sekitar Sekolah.
3.      Meningkatkan keterampilan dan kemandirian siswa dalam lingkungan kerja yang menyenangkan.
4.      Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepadatuhan Yang Maha Esa.
5.      Bekerjasama dengan Dunia usaha dan Dunia industry untuk mencetak tamatan yang memiliki kompetensi berstandar local dan Nasional sesuai dengan bidang keahliannya dengan pendidikan cara Brisker rasional hingga mempunyai keterampilan hidup( life Skill ).

C.    Misi
Menjadi lembaga pendidikan dan pelatihan yang dapat menghasilkan tamatan yang beriman dan bertaqwa, berbudi, berwawasan pancasila dan UUD 1945, terampil percaya diri, mandiriserta mampu bersaing di era globalisasi.


BAB III
MUATAN DAN STRUKTUR KURIKULUM
A.    Standar Kompetensi
1.      Standar Kompetensi Lulusan (SKL) SMK
a.       Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja.
b.      Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaikai kekurangannya.
c.       Menunjukkan sikap perecaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan dan pekerjaannya.
d.      Berpartisipasi dalam menegakkan aturan-atauraan social.
e.       Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras dan golongan social ekonomi dalam lingkungan global.
f.       Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif dan inovatif.
g.      menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam mengambil keputusan.
h.      Menunjukkan kemampuan budaya belajar untuk pemberdayaan diri.
i.        Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
j.        Menunjujukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kelompok.
k.      Menunjujukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan social.
l.        Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab.
m.    Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, bangsa, bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
n.      Mengepresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya.
o.      megapresiasikan karya seni dan budaya.
p.      menghasilkan karya kreatif baik individual maupun kelompok.
q.      menjaga keamanan dan kesehatan diri, kebugaran jasmani serta kebersihan lingkungan.
r.        Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun.
s.       Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat.
t.        Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain.
u.      menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistimatis dan estesis.
v.      Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
w.    Menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kera maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya.

2.      Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran
a.      Pendidikan Agama Islam
1)      Memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah, demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
2)      Meningkatkan keimanan kepada Allah sampai Qadha dan Qadar melalui pemahaman terhadap sifat dan Asmaul Husna.
3)      Berperilaku terpuji seperti husnuzzhan, taubat dan raza dan meninggalkan perilaku tercelah seperti isyrof, tabdzir dan fitnah.
4)      Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi serta menjelaskan hokum muamalah dan hukum keluarga dalam Islam.
5)      Memahami sejarah Nabi Muhammad pada periode Mekkah dan periode Madinah serta perkembangan Islam di Indonesia dan di dunia.

b.      Muatan Lokal
Bahasa Arab
Tingkat I (Kelas X)
Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam penyampaiaan tentang mufradat (koa kata), penyampaian ismi isyarat dan stuktur kalimat.
Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk menungkapkan pikiran dan perasaan mengenai hiwar dan phamir mun fashil (struktur kalimat).
Membaca
Menggunakan berbagai jenis teks untuk memahami wacana tulis tentang kosa kasa kata baru memahami makna dalam wacana tulis interpersional dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyimak permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan secara tertulis permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

c.       Muatan Khusus
Kemuhammadiyahan
1)      Al-Qur’an
Memahami ayat-ayat yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah, demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan hafal beberapa ayat dan hadist pilihan.
2)      Keimanan/Qaidah
Meningkatkan keimanan kepada Allah, Malaikat, Rasul, Kitab-kitabNya, Hari Akhir serta Qadha dan Qadar melalui pemahaman sifat dan Asmahul Usnah.
3)      Akhlak
Berprilaku terpuji seperti husnudzn, taubat, raja, adil dan menghargai karya orang lain dan meninggalkan perilaku tercela seperti isrof, tabzir, ghibah dan fitnah.
4)      Fiqih (Ibadah dan Mu’amalah)
a)      Memahami sumber hokum Islam dan hokum taklif serta menjelaskan hokum mu’amalah dan hokum keluarga dalam Islam.
b)      Memahami pelaksanakan ibadah, shalat berjama’ah, shalat jum’at, shaum, zakat dan haji.

B.     Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Program Normatif Adatif
1.      Pendidikan Agama Islam
Tingkat I / Kelas X
Standar Kompetensi
Kempetensi
Al’Qur’an
1.      Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai Khalifah dibumi.
1.1  Membaca QS Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan Al-Hajj: 5
1.2  Menyebutkan arti QS Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan Al-Hajj: 5
1.3  Menampilkan perilaku sebagai khalifah dibumi seperti terkandung dalam QS Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan Al-Hajj: 5
2.      Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah.
2.1  Membaca QS Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
2.2  Menyebutkan arti QS Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
2.3  Melakukan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam QS Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
Aqidah

3.      Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam Al-Asma
3.1  Meyebutkan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
3.2  Menjelaskan arti10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
3.3  Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
Akhlak

4.      Membiasakan perilaku terpuji
4.1  Menyebutkan pengertian perilaku husnudhan
4.2  Menyebutkan contoh-contoh perilaku husnudhan terhadap Allah,diri sendiri dan sesama manusia
4.3  Membiasakan perilaku husnudhan dalam kehidupan sehari-hari
Fiqih

5.      Memahami sumber hokum Islam, hokum taklifi, dan hikmah ibadah
5.1  Menyebut pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur’an. Al-Hadist, dan Ijtihad sebagai sumber hokum Islam
5.2  Menelaskan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur’an. Al-Hadist, dan Ijtihad sebagai sumber hokum Islam
5.3  Menjelaskan pengertian dan hikmah ibadah
5.4  Menerapkan hokum taklifi dalam kehidupan sehari-hari
Tarikh dan Peradaban Islam

6.      Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat
6.1  Mencerikan sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah
6.2  Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Mekkah






C.    Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar
Muatan Lokal Bahasa Arab
Tingkat I / Kelas X
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Memahami bunyi huruf hijiyah, wacana iksian berbentuk paparan / dialog sederhana
1.1.Engidentifikasi bunyi ujaran,(kata, frasa atau kaliamat)dalam suatu teks dengan mencocokan dan membedakan secara tepat.
1.2.Memperoleh informasi umum dan rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat
2.      Mengungkapkan informasi sederhana secara lisandan bntuk paparan atau dialog.
2.1.Menyampaikan  informasi secara  lisan  dengan lafal yang teapat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan brbahasa
2.2.Melakukan dialog sdrhana dengan lacar mencerminkan kecakaan berkomunikasih dengan antun dan tepat.
3.      Melafalkan huruf hijayyah dan memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sedrhana tentang identitas diri.
3.1.Melafalkan Dan membaca nyaring huruf hijayyah, kata, kalimat dan wacana tulis sederhana dan tepat
3.2.Mengindentifikasih bentuk dan tema wacana sederhana dengan tepat
3.3.Memperoleh informasih umum dan atau rinci dari wacana sederhana dengan mencari kata kunci secara tepat
4.      Menulis huruf hijayyah dan mengungkapkan informasi sederhana secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang identitas diri.
4.1.Menulis dan mlengkapi huruf hijayyah, kata, fraa dan kalimat dengan tanda baca yang tepat
4.2.Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata dan rasa dengan huruf, ejaan, tanda baca dan struktur yang tepat
5.      Memahami wacana lisan berbentuk paparan / dialog sederhana tentang kehidupan sekolah.
5.1.Mengindetifikasi bunyi dan unjaran (kata.frasa atau kalimat) dengan mencocokan dan membedakan secara tepat.
5.2.Memperoleh informaih  umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sedrhana secara tepat.
6.      Mengungkapkan informai sederhana secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang kehidupan sekolah
6.1.Menyampaikan berbagai informasi lisan sedrhana sesuai konteks  yang mencerminkan berbahsa santun dantepat
6.2.melakukan dialog sederhana dengan lancar untuk mencerminkan kecakapan berkomunikasi yang santun dan tepat
7.      memahami wacana tulisan baerbentuk apaparan atau dialog sederhana tentang kehidupan skolah
7.1.membaca nyaring kata, frasa, kalimat  dalam wacana tulisan sederhana dengan tepat
7.2.mengindetifikasi bentuk tema wacana sederhana secara tepat
7.3.memperoleh berbagai informasi dan wacana tulisan sederhana secara tepat
8.      mengungkapkan informasi sederhana secara trtulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang kehidupan sekolah.
8.1.Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan
8.2.Menggunakan kata dan frasa,dengan huruf, ejaan, tanda aca dan struktur.

D.    Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar
Muatan Khusus Kemuhammadiyahan
Tingkat I/Kelasan X
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Memahami ciri gerakan Muhammadiyah
1.1.Menjelskan Muhammadiyah sebagai :Gerakan Islam, dakwah amar ma’ruf nahi munkar, tajidid, dan gerakan Nasional.
1.2.Membiasakan berprilaku ma’ruf nahi munkar sesuai prisipdasar ajaran Muhammadiyah.
2.      Memahami organisai Muhammadiyah
2.1.Menjelaskan pengertian dan tujuan organisai dan Muhammadiyah sebagi persyarikatan.
2.2.Menjelaskan perinta brorganisai dalam Islam.
2.3.Menjelaskan AD/ART persyarikatan Muhammadiyah.
2.4.Menjelaskan struktur persyarikatan Muhammadiyah.
2.5.Menjelaskan sistem permusyawaratan dalam persyarikatan Muhammadiyah.
2.6.Membiasakan perilaku berorganisai dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan prinsip persyerikatan Muhammadiyah.
3.      Memahami Majelis dan lembaga persyarikatan Muhammadiyah.
3.1.Menjelasakan pngertian majelis dan lembaga persyarikatan  Muhammadiyah
3.2.Menyebutkan macam-macam majelis dan lembaga persyarikatan Muhammadiyah.
3.3.Menjelaskan fungsi majelis dan lembaga persyarikatan Muhammadiyah.
3.4.Menampilkan perilaku memenuhi tugas dan fungsi seperti yang tercermin dalam majleis dan lemabga persyarikatan Muhammadiyah dalam kehidupan shari-hari.


E.     Kegiatan Pengembangan Diri
Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat peserta didik sesuai dengan kondisi SMK-S 2 Muhammadiyah Curup. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui:
Kegiatan Pengembangan Pribadi dan Kreativitas siswa dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler, salah satunya yang mencakup kegiatan:
Keagamaan : BTA (Baca Tulis Al-Qur’an), Qiroah, Mubalig Hijrah, Praktek Ibadah.

F.     Pedidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global
Kemajuan Ilmu pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) saat ini menuntut lembaga pendidikan untuk berbenah diri guna menyiapkan peserta didiknya menghadapi tantangan global. SMKS-2 Muhammadiyah Curup menyadari bahwa tantangan dunia global tidaklah sederhana, oleh karenanya SMKS-2 Muhammadiyah Curup mengembangkan kurikulumnya untuk dapat menyiapkan siswa-siswi SMKS-2 Muhammadiyah Curup menghadapi tantangan global, dengan menempatkan keunggulan lokal dan global.
a.       Keunggulan Lokal
SMKS-2 Muhammadiyah Curup adalah sekolah yang berada di bawah naungan Organisasi Muhammadiyah sebagai gerakan Islam Dakwah amar ma’ruf nahi mungkar, oleh karena SMA Muhammadiyah mengembangkan nilai-nilai kemuhammadiyahan dan keislaman dalam setiap mata pelajaran yang diberikan kepada siswa, dengan harapan siswa dapat memaknai nilai-nilai tersebut dalam kehidupan kesehariannya. Dengan keunggulan dalam bidang keagamaan inilah diharapkan lulusan SMKS-2 Muhammadiyah Curup dapat menjadi orang yang beriman dan bertakwa (IMTAQ) dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Keunggulan dalam bidang keagamaan yang merupakan ciri khas sekolah Muhammadiyah diimplementasikan dalam program baca tulis Al – Qur’an untuk peserta didik kelas X dan praktikum Ibadah untuk peserta didik kelas XI. Diharapkan lulusan SMKS-2 Muhammadiyah Curup dapat membaca Al – Qur’an dan melaksanakan Ibadah sesuai dengan tuntunan.
b.      Keunggulan Global
Dalam rangka menghadapi tantangan global maka SMKS-2 Muhammadiyah Curup mengembangkan beberapa program antara lain ;
1)      Pengembangan Laboratorium Komputer yang berbasis jaringan Internet sehingga seluruh Civitas Akademika SMKS-2 Muhammadiyah Curup dapat mengakses internet untuk kepentingan pembelajaran.
2)      Mengembangkan program E-Learning untuk pengembangan program – program sekolah agar dapat mengikuti perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan.
3)      Mengembangkan English Day untuk menyiapkan Civitas Akademika SMKS-2 Muhammadiyah Curup agar siap dalam pergaulan internasional.
4)      Mengembangkan percakapan menggunakan Bahasa Arab agar dapat memasuki pergaulan internasional.
5)      Mengembangkan media-media pembelajaran yang berbasis komputer dan multi media.


***SUMBER: WAKA BID. KURIKULUM***




Tidak ada komentar:

Posting Komentar